Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Menakjubkan dari Permen Karet yang Perlu Anda ketahui 2021

infosehati.my.id - Selain menyegarkan nafas, mengunyah permen karet juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengunyah permen karet, karena efek sampingnya juga bisa mengintai.

Mengkonsumsi permen karet dikatakan memiliki berbagai manfaat kesehatan, namun ternyata tidak berlaku untuk semua jenis permen karet, ya. Permen karet yang sehat adalah permen karet yang bebas gula. Permen karet dianggap bebas gula jika kandungan gula di dalamnya kurang dari 0,5 gram.

Namun, konsumsi permen karet yang mengandung gula atau bahan tambahan lain dalam jumlah berlebihan, seperti BHT (butylated hydroxytoluene), aspartam, dan titanium dioksida, harus dibatasi karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan.


Berbagai Manfaat Mengunyah Permen Karet

Permen karet bisa dikunyah, tidak ditelan. Permen karet, terutama permen karet bebas gula, dikatakan menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti:

5 Manfaat Menakjubkan dari Permen Karet yang Perlu Anda ketahui 2021


1. Kurangi stres

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi stres. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama kecemasan dan stres, misalnya sebelum ujian, lebih tenang dan dapat berkonsentrasi lebih baik.

Alasannya adalah mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan hormon stres seperti kortisol.

Namun, jika mengunyah permen karet tidak membuat stres Anda hilang, cobalah cara lain untuk mengatasi stres, seperti bernapas, bersantai, atau bermeditasi.

2. Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda

Permen karet bebas gula juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengunyah permen karet bebas gula tampaknya memiliki risiko kerusakan gigi yang lebih rendah.

Mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membantu membersihkan bakteri dan sisa makanan dari gigi dan mulut Anda.

Tapi ingat itu. Meski bisa mencegah kerusakan gigi, mengunyah permen karet tetap tidak bisa menggantikan menyikat gigi, bukan? Selain itu, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut, Anda perlu rutin menyikat dan menggunakan benang gigi dua kali sehari.

3. Membantu Anda menurunkan berat badan

Mengunyah permen karet juga dapat membantu mengurangi rasa lapar, mengontrol nafsu makan, dan mengurangi keinginan ngemil atau makan berlebihan. Hal ini membuat manfaat permen karet baik untuk mengontrol atau menurunkan berat badan.

Namun, untuk mencapai berat badan ideal, Anda tidak bisa hanya mengandalkan permen karet. Anda juga perlu melakukan tindakan lain, seperti: B. Makan makanan yang sehat, minum cukup air dan olahraga teratur.

4. Mencegah infeksi telinga pada anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi permen karet yang mengandung xylitol memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi telinga. Hal ini diyakini karena kebiasaan mengunyah permen karet dapat membantu memperkuat rahang anak dan memperlebar saluran eustachius dan saluran telinga anak.

Namun, manfaat mengunyah permen karet masih terus diteliti dan belum terbukti benar-benar efektif atau aman. Jika anak Anda memiliki gejala infeksi telinga, seperti: Misalnya, telinga bau, keluarnya cairan dari telinga, demam, gelisah, serta kurang makan dan minum harus ke dokter.

5. Kencangkan otot-otot wajah

Mengunyah permen dikatakan tidak hanya untuk memperkuat rahang Anda, tetapi juga untuk mengencangkan otot-otot wajah Anda.

Namun, bukan berarti permen karet bisa langsung menipiskan bentuk wajah. Hal ini dikarenakan bentuk wajah pada umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik dan berat badan.

Selain beberapa manfaat di atas, mengunyah permen karet juga dikatakan dapat membantu mempercepat pemulihan dan proses pencernaan pada pasien yang baru saja menjalani operasi saluran cerna, seperti radang usus buntu.


Pilih permen karet dengan bijak

Meskipun permen karet memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda akan mengonsumsinya. Yang pertama terkait dengan kandungan gula di dalamnya.

Konsumsi permen karet yang mengandung gula harus dihindari karena justru dapat menyebabkan kerusakan gigi daripada menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Mengunyah permen karet dengan pemanis buatan seperti aspartam juga harus dibatasi atau dihindari. Pasalnya, konsumsi aspartam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gejala seperti sakit kepala, pusing, gas, dan mual.

Selain kandungan gula, Anda juga perlu memperhatikan seberapa sering Anda mengonsumsi permen karet. Hindari mengunyah permen karet terlalu banyak atau terlalu sering karena dapat membuat Anda berisiko mengalami masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, sakit gigi, dan nyeri rahang.

Itulah sekian informasi mengenai manfaat permen karet dan resikonya. Selain makan permen karet, ingatlah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi setiap hari dan mengunjungi dokter gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali.


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Manfaat Menakjubkan dari Permen Karet yang Perlu Anda ketahui 2021. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Menakjubkan dari Permen Karet yang Perlu Anda ketahui 2021"