Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar & Jerawat yang Perlu Anda ketahui 2021

infosehati.my.id - Lidah buaya mengandung glikoprotein dan polisakarida yang bermanfaat dalam penyembuhan luka. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk luka bakar ringan atau bekas jerawat dengan mengoleskan gelnya.

Penggunaan lidah buaya pada luka telah digunakan selama ribuan tahun, terutama untuk luka bakar dan iritasi kulit. Bagian lidah buaya yang digunakan untuk mengobati luka adalah gelnya, cairan kental yang bisa Anda temukan saat memotong atau memotong tanaman ini.

Gel lidah buaya mengandung bahan-bahan yang efektif meredakan nyeri dan peradangan, membunuh bakteri, merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit, serta pelembab.

Sifat inilah yang membuat penggunaan lidah buaya efektif pada luka bakar atau jenis luka lainnya.


Kandungan lidah buaya bermanfaat untuk luka

Meski kandungan lidah buaya adalah 99 persen air, gel lidah buaya mengandung zat yang disebut glikoprotein dan polisakarida.

Glikoprotein dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menghentikan rasa sakit dan peradangan, sedangkan polisakarida memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit. Kedua zat ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya sendiri di rumah, Anda dapat menggunakannya sebagai pengobatan pertolongan pertama untuk luka bakar ringan atau bekas jerawat.


Manfaat lidah buaya untuk luka bakar dan jerawat

Menggunakan lidah buaya pada luka bakar adalah salah satu manfaat yang paling populer. Entah karena api, terbakar sinar matahari atau panas. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi iritasi dan peradangan kulit, termasuk jerawat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar & Jerawat yang Perlu Anda ketahui 2021


1. Menyembuhkan luka bakar

Sebuah studi di Jurnal Ilmu Kedokteran Iran melaporkan bahwa gel lidah buaya dapat berguna dalam menyembuhkan luka bakar ringan tingkat pertama dan kedua.

Lidah buaya dapat digunakan pada luka tersiram air panas dan luka bakar ringan dengan mengoleskan gel ke daerah yang terkena beberapa kali sehari.

Selain itu, pengolesan lidah buaya pada kulit juga dapat mencegah terjadinya maag dan mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit seperti luka bakar, radang dingin, infeksi kulit, luka operasi, borok herpes, borok kaki diabetik, hingga luka kronis.


Cara Menggunakan Lidah Buaya Pada Luka Bakar Yang Bisa Anda Praktekkan Di Rumah

  • Pilih tanaman lidah buaya yang sudah berumur (beberapa tahun) karena memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi.
  • Ambil 3-4 daun paling tebal dan paling sehat di bagian luar tanaman.
  • Potong dekat dengan batang dan hindari akarnya.
  • Cuci lidah buaya terlebih dahulu, lalu keringkan daunnya.
  • Potong ujung yang berduri dengan pisau, lalu pisahkan gel di bagian dalam dari bagian luar lembaran.
  • Potong luka gel lidah buaya menjadi irisan atau kubus untuk digunakan.
  • Anda juga bisa mencampur gel lidah buaya lalu menyaringnya untuk mendapatkan gel lidah buaya yang lebih halus.

Cara di atas dapat membantu mengobati luka bakar ringan. Namun, jika Anda mengalami luka bakar parah atau luka terbuka, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit terdekat.

2. Mengurangi bekas jerawat

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengurangi bekas jerawat. Berikut beberapa manfaat lidah buaya bekas jerawat yang bisa Anda nikmati.

  • Meningkatkan respon imun tubuh terhadap peradangan dan mengurangi munculnya bekas jerawat.
  • Merangsang produksi serat kolagen dan elastin untuk memperbaiki area bekas luka.
  • Mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jaringan parut pada jerawat.

Sebelum menggunakan lidah buaya, bersihkan terlebih dahulu area yang terkena dengan deterjen lembut dan air hangat. Kemudian oleskan gel atau krim lidah buaya ke area kulit yang bermasalah dan juga oleskan sedikit ke area sekitarnya.


Manfaat lain dari lidah buaya

Selain manfaat lidah buaya untuk luka bakar dan luka jerawat, masih ada sejumlah manfaat lidah buaya lainnya yang bisa Anda dapatkan.

  • Mengobati sariawan. Meski tidak lebih efektif dari kortikosteroid, penggunaan lidah buaya pada sariawan dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.
  • Mengurangi plak. Obat kumur lidah buaya telah terbukti efektif dalam mengurangi plak bila digunakan secara teratur selama 30 hari.
  • Mengobati fisura anus (luka kecil atau robekan pada anus). Menggunakan lidah buaya pada luka fisura anal kronis dapat membantu menghilangkan rasa sakit, mengurangi pendarahan, dan membantu penyembuhan luka.
  • Menutrisi rambut. Menggunakan lidah buaya pada kulit kepala juga dapat membantu menyuburkan rambut rusak dan kering.
  • Melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit. Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk melembabkan dan menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan bercahaya.

Selain untuk aplikasi topikal lidah buaya untuk luka, tanaman ini juga memiliki potensi lain bila digunakan secara oral (diminum, misalnya untuk menjaga kadar gula darah, menyembuhkan sembelit, untuk kesehatan pencernaan.

Namun, penggunaan lidah buaya secara oral harus digunakan dengan hati-hati karena berpotensi menimbulkan efek samping.

Reaksi alergi juga harus diperhatikan sebelum menggunakan lidah buaya. Wanita hamil, ibu menyusui dan anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak disarankan menggunakan lidah buaya untuk pengobatan oral.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar & Jerawat yang Perlu Anda ketahui 2021. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar & Jerawat yang Perlu Anda ketahui 2021"