Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Bahaya Minum Teh Panas bagi Kesehatan yang Harus Anda ketahui 2021

infosehati.my.id - Minum teh panas dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan. Cobalah untuk menunggu suhu minuman sedikit menghangat untuk mengurangi risiko.

Beberapa orang, termasuk Anda, lebih suka menikmati teh saat masih panas. Sayangnya, kebiasaan ini perlu Anda singkirkan karena ternyata cukup berbahaya bagi kesehatan Anda. Minum teh panas dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Anda mungkin bertanya-tanya seberapa panas tehnya, yang merupakan risiko besar. Apakah harus 100 derajat Celcius sebelum menjadi terlalu panas? Lihat presentasi di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Dampak Bahaya Minum Teh Panas bagi Kesehatan yang Harus Anda ketahui 2021


Bahaya minum teh panas

Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 700 mililiter teh panas sehari berisiko terkena kanker kerongkongan. Pada suhu di atas 60 derajat Celcius, risikonya bisa meningkat hingga 90 persen.

Kerongkongan adalah tempat makanan, minuman, dan air liur masuk ke dalam tubuh. Makanan hangat yang terus ditambahkan mengubah lapisan di dalamnya. Jika tidak disorot, tumor akan muncul di sana.

Ada dua jenis kanker esofagus yang dapat terjadi, yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Jenis kanker ini terjadi ketika sel-sel di kerongkongan menjadi berubah atau terkikis oleh panas.


Bagaimana cara minum teh panas?

Namun, penyebab sebenarnya dari kanker kerongkongan bukan hanya tes panas. Minuman panas lainnya berpotensi meningkatkan risiko yang sama. Mereka yang mengonsumsi kopi, cokelat, atau air panas biasa dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengingat beberapa tips berikut saat mengonsumsi minuman panas:

1. Tunggu sebentar

Menyeduh teh dengan air yang baru matang tentu akan membuat rasa dan warna teh semakin menonjol. Namun, tahan keinginan untuk meminumnya segera. Tunggu sebentar untuk menurunkan suhu. Tidak harus suhu ruangan, setidaknya cukup nyaman untuk kerongkongan Anda.

2. Tambahkan susu

Teh susu bukan untuk semua orang. Jika mau, coba tambahkan susu ke cangkir teh Anda. Susu mempercepat penurunan suhu teh sehingga dapat langsung dikonsumsi. Namun, batasi konsumsi karena menimbulkan risiko bagi tubuh.

3. Ganti airnya

Teh sering dipilih oleh banyak orang karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Minum teh hangat bahkan bisa membantu menenangkan pikiran. Selain itu, bila dikonsumsi dengan benar, teh juga baik untuk menjaga tubuh tetap ideal.

Jika Anda masih mencari manfaat teh, cobalah teh dingin. Namun, Anda hanya bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan teh putih. Menyeduh daun teh putih dengan air dingin juga bisa memberikan manfaat serupa.

4. Tawarkan minuman lain

Menghidangkan teh hangat saja sudah membuat Anda tidak sabar untuk meminumnya. Sebagai pilihan, cobalah minum lain di daerah Anda. Namun, berhati-hatilah karena itu bukan minuman dingin dan manis.

Siapkan segelas air di samping teh. Air ini merupakan minuman alternatif sembari menunggu tehnya dingin. Selain itu, konsumsi air sangat dianjurkan bahkan setelah minum teh dalam jumlah besar.

Teh bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu panas. Menunggu hingga dingin adalah cara terbaik untuk menikmati teh dan menuai manfaatnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Dampak Bahaya Minum Teh Panas bagi Kesehatan yang Harus Anda ketahui 2021. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Dampak Bahaya Minum Teh Panas bagi Kesehatan yang Harus Anda ketahui 2021"