Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Durian pada Mulut & Tangan 2021

infosehati.my.id - Selain rasanya yang enak, buah durian bisa meninggalkan bau yang menyengat di mulut dan tangan setelah dikonsumsi. Namun, adakah cara efektif untuk menghilangkan bau durian?


Cara menghilangkan bau setelah makan durian

Buah durian terkenal dengan kulitnya yang berduri. Ini juga memiliki aroma yang tajam dan menyengat, sehingga beberapa orang mungkin tidak menyukainya.

Aroma khas ini tidak hanya terdapat pada daging buahnya, tetapi juga dapat meninggalkan sisa bau yang tidak sedap di mulut dan juga di tangan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau durian yang bisa Anda praktikkan, seperti ulasan di bawah ini.

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Durian pada Mulut & Tangan 2021


1. Perbanyak minum air putih

Makan durian bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Minum banyak air setelah Anda makan durian untuk mencegah kondisi ini.

Minum air putih dapat membantu menghilangkan partikel makanan di rongga mulut.

Cara menghilangkan bau durian sekaligus meningkatkan produksi air liur untuk mencegah mulut kering.

Keadaan mulut yang kekurangan air liur ini dapat menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang biak kemudian menghasilkan senyawa belerang yang menyengat di rongga mulut Anda.

2. Sikat dan benang

Bau durian yang tidak sedap juga bisa diatasi dengan menyikat gigi untuk membersihkan sela-selanya.

Sisa buah durian yang menempel di gigi dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan plak yang nantinya dapat meningkatkan bau mulut.

Nah, untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, Anda juga bisa menggunakan benang gigi setelah menyikat gigi. Benang gigi adalah teknik membersihkan ruang di antara gigi Anda dengan benang gigi.

Anda juga perlu melakukan ini dengan teknik yang tepat, karena penggunaan benang gigi yang berlebihan dapat menyebabkan gusi berdarah.

3. Gunakan obat kumur

Jika Anda ingin menghilangkan bau durian di mulut dengan cepat, tidak ada salahnya menggunakan obat kumur atau mouthwash.

Sebuah studi penelitian gigi klinis dan eksperimental menunjukkan bahwa obat kumur yang mengandung klorin dioksida (klorin dioksida) efektif dalam mengobati bau mulut.

Obat kumur dengan klorin dioksida membantu menghilangkan plak, bakteri, dan partikel makanan di rongga mulut.

Anda dapat langsung berkumur setelah makan durian, tetapi biasanya lebih efektif dilakukan setelah menyikat gigi atau flossing.

4. Konsumsi makanan deodoran

Untuk mengatasi bau mulut akibat serangan durian, Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman untuk membantu menghilangkan bau mulut, seperti: B. Makanan dengan vitamin C dan yogurt.

Makanan sumber vitamin C, antara lain jeruk, mangga, dan brokoli, membuat mulut tidak nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak.

Anda harus makan buah-buahan dan sayuran mentah. Ternyata tekstur sayuran yang kasar mampu melonggarkan sisa makanan yang menempel di gigi.

Anda juga bisa memilih yogurt untuk menghilangkan bau mulut akibat makan durian.

Makanan probiotik ini mampu menekan kadar senyawa sulfida yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

5. Mengunyah permen karet

Jika Anda kesulitan menemukan makanan dan minuman yang tercantum di atas, mengunyah permen karet bisa menjadi cara alternatif untuk menghilangkan bau durian di mulut Anda.

Sebuah studi dalam Journal of Breath Research menjelaskan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat Anda lebih sering mengunyah, meningkatkan produksi air liur di rongga mulut.

Anda bisa memilih permen karet bebas gula dengan varian rasa peppermint yang menciptakan rasa segar dan menutupi bau mulut.

6. Berkumur dengan kulit durian

Beberapa penikmat durian juga menggunakan air yang dituangkan ke bagian dalam sisa kulit durian untuk menghilangkan bau tak sedap di mulut dan tangan.

Peneliti di Universitas Indonesia menemukan bahwa senyawa dalam kulit durian, yaitu 5-hydroxymethylfurfural (5-HMF), dapat menetralisir bau durian di mulut.

Anda juga bisa menghilangkan bau durian di tangan dengan mencuci tangan dengan air yang direndam dalam kulit durian.

Namun, efektivitas metode ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

Mengkonsumsi durian bisa meninggalkan aroma yang tidak sedap di mulut. Sisa durian yang menempel di gigi juga bisa menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan bau mulut.

Untungnya, ada beberapa cara efektif untuk menghilangkan bau tak sedap. Jadi setelah mengkonsumsi durian, pastikan untuk segera membersihkan gigi dan mulut agar nafas tetap segar.


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Durian pada Mulut & Tangan 2021. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

1 komentar untuk "6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Durian pada Mulut & Tangan 2021"

  1. Thermal degradation throughout 3D printing of resorbable polymers, identical as in surgical sutures, has been studied, and parameters may CNC machining be adjusted to attenuate the degradation throughout processing. Soft pliable scaffold buildings for cell cultures may be printed. In 2015, a Royal Air Force Eurofighter Typhoon fighter jet flew with printed elements.

    BalasHapus