Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Cuka Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh 2021

infosehati.my.id - Orang telah lama menggunakan cuka untuk mengurangi risiko seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sementara itu, produsen makanan telah mengembangkan berbagai jenis cuka, termasuk cuka putih. Lalu apa saja manfaat cuka putih?


Apa itu cuka putih?

Cuka putih adalah cuka yang sebagian besar terdiri dari air dan 5-10% asam asetat. Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka putih memiliki manfaat untuk membersihkan ruangan dan menghilangkan gulma.

Jenis cuka ini dibuat dengan memfermentasi makanan seperti gula bit, kentang, atau molase. Namun, ada banyak cara lain untuk membuat cuka ini.

Saat ini, sebagian besar jenis cuka dibuat dengan memfermentasi alkohol biji-bijian. Bahan-bahan lain juga dapat ditambahkan selama produksi, termasuk fosfat dan ekstrak ragi.


Manfaat Cuka Putih untuk Kesehatan

Berkat kandungannya, cuka ini bila diolah di dapur menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat cuka putih yang tidak ingin Anda lewatkan.

5 Manfaat Cuka Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh 2021


1. Menurunkan gula darah

Salah satu manfaat cuka putih yang paling populer adalah menurunkan kadar gula darah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences.

Para peneliti melaporkan bahwa mengonsumsi cuka dapat meningkatkan kontrol glikemik dengan menurunkan kadar gula darah dan insulin setelah makan. Ini mungkin karena asam asetat dalam cuka, yang dikatakan dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Namun, asam asetat dikatakan mampu mengubah aksi beberapa enzim yang terlibat dalam metabolisme untuk mengurangi penyerapan gula dan karbohidrat.

2. Menjaga kadar kolesterol

Cuka putih dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ditemukan di seluruh tubuh. Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, terlalu banyak senyawa ini dapat menyebabkan pembentukan plak lemak di arteri.

Akibatnya, ada risiko penyakit jantung. Kabar baiknya, mengonsumsi cuka yang satu ini bisa mengurangi bahaya kelebihan kolesterol.

Penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Lipids in Health and Disease menunjukkan bahwa memberikan cuka kelinci menurunkan kolesterol LDL total. Ini dibandingkan dengan sekelompok hewan yang tidak diberi cuka sama sekali.

3. Membantu Anda menurunkan berat badan

Bagi Anda yang berdiet sehat, cuka putih bisa menjadi bahan tambahan untuk membantu program tersebut. Kandungan asam asetat efektif menurunkan berat badan dan membantu mengurangi rasa lapar.

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam laporan ilmiah, asam asetat dikatakan efektif dalam mengurangi asupan makanan dan berat badan.

Namun, penelitian ini hanya dilakukan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Karena itu, peneliti perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efektivitas cuka jenis ini sama untuk manusia.

4. Menjaga keseimbangan pH

Tahukah Anda bahwa cuka telah lama digunakan sebagai agen antibakteri dan untuk menghilangkan kotoran? Berkat pH asam dan sifat antimikroba, cuka putih memiliki manfaat menjaga keseimbangan pH kulit.

Ternyata hal ini berdampak besar bagi kesehatan kulit. Tak heran jika asam asetat dalam cuka banyak digunakan dalam toner untuk mengobati jerawat dan melawan infeksi kulit.

Namun, karena keasamannya yang tinggi, cuka harus diencerkan dengan air untuk menghindari iritasi kulit.

5. Membunuh bakteri

Kandungan asam asetat dalam cuka, termasuk cuka anggur putih, adalah pahlawan di balik berbagai manfaat yang ditawarkannya. Asam asetat telah digunakan sebagai antiseptik untuk membersihkan luka selama lebih dari 6.000 tahun.

Senyawa asam ini juga membantu dalam pengobatan dan pencegahan penyakit. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Journal of Food Science menunjukkan bahwa cuka membantu mengobati berbagai masalah yang disebabkan oleh jamur atau bakteri, seperti:

  • Jamur kuku,
  • Kutu,
  • kutil dan
  • Infeksi telinga.

Agar aman, selalu konsultasikan ke dokter atau ahli gizi sebelum menggunakan cuka sebagai bahan masakan.


Efek samping mengkonsumsi cuka putih

Meskipun cuka putih menawarkan berbagai manfaat kesehatan, ada beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan setelah menggunakannya, seperti:

  • Asam lambung naik,
  • gejala GERD,
  • menyebabkan iritasi tenggorokan,
  • mengikis email gigi dan
  • dapat berinteraksi dengan obat tertentu.


Tips memasak dengan cuka

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat dan risiko cuka putih, Anda bisa menggunakan bahan ini dalam masakan. Secara umum, cuka dapat dicampur dengan bumbu, rempah-rempah, dan minyak dalam salad untuk memberikan rasa yang tajam.

Cuka juga terkadang ditambahkan ke saus atau bumbu karena melembutkan daging dan sayuran. Selain itu, rasa asam dari cuka ini dapat digunakan untuk memperpanjang umur simpan makanan dalam jangka panjang.

Pada dasarnya, kandungan dalam cuka putih menawarkan manfaat kesehatan. Namun, Anda perlu berhati-hati karena keasaman terkadang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.


Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan tanyakan kepada dokter Anda tentang solusi yang tepat untuk Anda. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Manfaat Cuka Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh 2021. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Cuka Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh 2021"